Syarat dan Ketentuan

1.1 Sambutan Admin 

Selamat datang di DALLU, aplikasi startup yang memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari dengan mudah, murah, dan semua ada dalam satu aplikasi.

Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk mengatur hak & kewajiban kedua belah pihak secara legal. Pengguna harap membaca dengan cermat segala syarat & ketentuan yang ada sebelum menggunakan layanan DALLU. Pengguna diperkenankan untuk menggunakan layanan DALLU jika menyetujui seluruh syarat dan ketentuan berikut.


1.2 Definisi

DALLU merupakan aplikasi startup yang memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari dengan mudah, murah, dan semua ada dalam satu aplikasi.

DALLU tidak bertindak sebagai mempersulit pengguna aplikasi yang ada di layanan ini, namun sebagai pihak yang menyediakan fitur aplikasi dan memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli dengan driver sebagai perantara pengirimannya. sesuai dengan sistem DALLU demi keamanan dan kenyamanan pihak-pihak yang menggunakan layanan DALLU.


1.3 Penjelasan 

• Pengguna adalah perseorangan yang menggunakan layanan DALLU untuk membeli, mengantar, dan/atau menjual produk, jasa, dan layanan yang tersedia di aplikasi.

• Pembeli adalah pengguna yang melakukan pembelian berupa (produk/jasa/layanan) melalui aplikasi DALLU.

• Penjual adalah pengguna yang melakukan penjualan berupa (produk/jasa/layanan) melalui aplikasi DALLU.

• Driver adalah pengguna yang melakukan pengantaran orang dan/atau pengiriman barang (makanan/sembako) melalui aplikasi DALLU

• Produk adalah barang/jasa yang ditawarkan oleh penjual melalui aplikasi DALLU.

• Saldo adalah rekening/saldo aplikasi yang digunakan untuk metode pembayaran non tunai dari Pembeli ke Penjual (produk/jasa/layanan) yang merupakan fitur dari aplikasi DALLU.


1.4 Akun

Pengguna menyatakan akan menggunakan akun sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku serta bersedia menerima konsekuensinya apabila melanggar syarat dan ketentuan.

Pengguna wajib mengisi identitas pribadi dengan lengkap dan sesuai dengan informasi yang sebenar-benarnya.

DALLU tidak akan menyalahgunakan identitas pribadi pengguna.

Pengguna wajib menjaga keamanan akunnya sendiri dengan merahasiakan email dan kata sandi yang digunakan agar tidak disalahgunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Segala kerugian yang timbul akibat dari kelalaian pengguna menjaga kerahasiaan akun menjadi tanggung jawab pengguna.

DALLU tidak akan pernah meminta kata sandi kepada pengguna.


1.5 Penjelasan Pengguna

Pengguna yang mendaftar berhak untuk:

• Menjadi Mitra Merchant, yaitu perseorangan atau kelompok tertentu yang menjual dan/atau menawarkan (produk/jasa/layanan) kepada pembeli melalui aplikasi DALLU, dengan mendaftar sebagai calon Mitra Merchant sebagai mana kebijakan dari aplikasi DALLU.

• Menjadi Mitra Driver, yaitu perseorangan yang menyediakan jasa kepada pembeli. Bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli (produk/jasa/layanan) melalui aplikasi DALLU, dengan mendaftar sebagai calon Mitra Driver sebagai mana kebijakan dari aplikasi DALLU.

• Menjadi Customer, yaitu perseorangan atau kelompok tertentu yang membeli dan/atau menginginkan (produk/jasa/layanan) kepada penjual melalui aplikasi DALLU.


1.6 Fitur

Pihak DALLU juga menawarkan Layanan dan Jasa bagi pengguna untuk memudahkan dalam keseharian. Berikut Layanan yang kami sediakan:

1. DALLU Food, yaitu Jasa Pengantaran Makanan dan Minuman.

2. DALLU Ride, yaitu Jasa Pengantaran Penumpang.

3. DALLU Send, yaitu Jasa Pengantaran Barang.

4. DALLU Pure, yaitu Jasa Pengantaran dan Penjemputan Laundry.


1.7 Syarat dan Ketentuan Mitra

Pihak DALLU memberikan Fasilitas bagi Mitra yang bekerjasama dengan kami. Terkait hal ini kami memberikan Syarat dan Ketentuan sebagai mana merupakan kebijakan yang telah kami buat.

1.7.1 Mitra Driver

• berusia minimal 18 Tahun dan telah memiliki kartu identitas berupa SIM dan KTP.

• Memiliki kendaraan atas nama sendiri dan/atau milik keluarga dan harus melampirkan surat kuasa atas hal tersebut.

• Tidak pernah melakukan atau terjerat hukum dan/atau catatan merah di instansi kepolisian RI.

• Mematuhi aturan Lalu Lintas dalam berkendara, dan menjaga keselamatan diri sendiri serta orang lain.

• Dilarang keras meminta, memberikan informasi berupa kontak yang bisa dihubungi kepada calon customer.

• Dilarang keras menyalah gunakan informasi calon customer oleh mitra driver.

• Dilarang keras melakukan transaksi diluar aplikasi DALLU, bila mana melanggar akan dikenakan sanksi berupa penangguhan/penghapusan akun secara permanen.

• Driver tidak akan dikenakan potongan komisi dari aplikasi DALLU.

• Driver akan mendapatkan poin bonus setiap orderan dan akan menerima bonus setelah jam 12 malam dengan syarat poin harus terkumpul minimal 8 poin /hari.

• Syarat pendaftaran mitra driver: motor pribadi, Nomor HP/WA aktif, KTP, SIM, STNK, dan dokumen pendukung lainnya.

• Biaya pendaftaran Gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

• Perhitungan penghasilan : pendapatan driver (5.000 / orderan).


1.7.2 Mitra Merchant 

• Berusia minimal 18 tahun dan telah memiliki KTP.

• Memiliki usaha sendiri di rumah atau di jalan.

• Dilarang keras melakukan transaksi diluar aplikasi DALLU, bila mana melanggar akan dikenakan sanksi berupa penangguhan/penghapusan akun secara permanen.

• Mitra akan dikenakan potongan komisi sebesar 10% dari aplikasi DALLU.

• Syarat pendaftaran mitra merchant: usaha pribadi, nomor HP/WA aktif.

• Biaya pendaftaran Gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

• Perhitungan penghasilan : pendapatan (10.000 + 10% = 10.000 pendapatan mitra perorderan dan 1.000 untuk aplikasi).


1.8 Metode Pembayaran 

Pihak DALLU juga menawarkan Metode Pembayaran untuk mendukung pengguna dalam bertransaksi. Berikut Metode Pembayaran yang kami sediakan:

1. Tunai, Yaitu pengguna dapat melakukan pembayaran produk/jasa/layanan secara langsung. (Bayar ke Driver, Admin, dan Penjual).

2. E-Wallet, yaitu pengguna dapat melakukan pembayaran produk/jasa/layanan secara non-tunai secara online. (Bayar melalui aplikasi Dana, Ovo, Gopay, dll yang mendukung pembayaran QRIS).

3. Semua Bank, yaitu pengguna dapat melakukan pembayaran produk/jasa/layanan secara online dengan cara transfer. Seperti Bank MANDIRI, BCA, BRI, dan BNI.

4. Saldo Akun, yaitu pengguna dapat melakukan pembayaran produk/jasa/layanan secara online dengan cara mengurangi saldo anda kepada penjual.


1.9 Wewenang Admin

DALLU berhak mengambil tindakan yang dirasa perlu (meliputi namun tidak terbatas pada menghapus produk/jasa yang dijual, penghapusan/penangguhan akun, maupun sanksi berat kepada pengguna aplikasi) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna jika ada indikasi pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan maupun hukum yang ada.

Untuk tindakan penghapusan atau penangguhan akun pengguna oleh DALLU, apabila didapati pengguna telah melakukan transaksi diluar aplikasi, menyalahgunakan informasi dalam aplikasi, dan melakukan tindakan yang terkait dengan Undang-undang ITE.




Supported by DALLUXSTORE